4 Cara Aman Minum Kopi agar Asam Lambung Tidak Naik

4 Cara Aman Minum Kopi agar Asam Lambung Tidak Naik

Sejak masa kolonialisme Belanda, ngopi merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia pada pagi atau sore hari. Menikmati secangkir kopi sebelum berangkat ke ladang sering dilakukan masyarakat pedesaan, sedangkan masyarakat kota lebih suka menikmati kopi kekinian di kedai atau kafe. Ada pula orang yang suka membuat kopi kekinian dengan alat bikin kopi yang praktis di rumah.

Cara tepat konsumsi kopi

Tidak jarang orang yang suka ngopi mengalami masalah asam lambung. Tidak sedikit pula orang yang mengeluhkan asam lambung naik, perut kembung, mual dan muntah, bergetar, dan lain-lain setelah minum kopi. Supaya Anda tidak mengalami masalah tersebut, sebaiknya ketahui tips mengonsumsi kopi yang benar berikut :

1. Lebih baik minum kopi setelah makan

Minum kopi sebelum perut terisi makanan bukan hal yang disarankan. Hal ini bisa berdampak pada risiko kesehatan seperti rasa melilit dan perut mual setelahnya. Apalagi Anda yang memiliki masalah lambung, maka risiko peningkatan asam lambung bisa membuat kesehatan semakin buruk.

2. Pilih jenis kopi yang tepat

Ada beberapa jenis kopi di pasaran yang bisa Anda beli sesuai dengan selera dan kondisi kantong. Jika Anda memiliki masalah lambung tapi suka ngopi setiap hari, sebaiknya pilih bubuk kopi yang berasal dari biji terbaik. Biji kopi yang direkomendasikan adalah kopi yang mengandung rendah kafein seperti arabika. Dibandingkan robusta yang lebih terjangkau, kopi arabika punya kafein dan rasa pahit yang lebih rendah.

3. Pastikan kopi yang Anda beli masih segar

Kalau Anda punya mesin penggiling dan alat bikin kopi sendiri, sebaiknya pilih biji kopi yang masih segar. Olah kopi dengan cara dijemur, disangrai dan digiling sampai halus sesuai selera. Jika suka kopi dengan tekstur halus, Anda bisa menggiling kopi sampai benar-benar halus dan sebaliknya.

4. Menambahkan susu pada kopi

Mungkin susu tidak direkomendasikan bagi penderita diabetes bila dicampur dengan kopi, tetapi susu bisa menekan simulasi asam lambung Anda. Minum kopi susu bisa membuat efek kopi tidak berlebihan pada penderita asam lambung, misalnya latte dan cappucino.

5. Konsumsi air putih setelah minum kopi

Menikmati secangkir kopi yang masih hangat memang membuat tubuh lebih berstamina, otak siap bekerja, meningkatkan mood, dan manfaat yang lain. Namun, penderita asam lambung bisa mengeluhkan sakit perut bila konsumsi kopi berlebihan.

Demi meminimalisir risiko buruk konsumsi kopi bagi penderita asam lambung, sebaiknya Anda mengonsumsi air putih banyak-banyak. Fungsi air putih bisa mengencerkan kopi di dalam perut sehingga perut tidak terasa kembung atau begah.

Yuk, sediakan alat bikin kopi di rumah agar Anda bisa meracik kopi sendiri tanpa cemas mengalami kenaikan asam lambung! Kopi arabika terbaik dari berbagai daerah di Indonesia yang masih segar bisa Anda pilih agar bisa disangrai dan digiling sendiri, ya!