Arti Warna Pada Keputihan

Arti Warna Pada Keputihan

Apa itu keputihan? Keputihan secara sederhana adalah kondisi pada area Miss V yang sering mengeluarkan lendir atau cairan yang bisa membuat area kewanitaan menjadi agak bau. Keputihan menjadi keluhan wanita yang paling sering terjadi selain kram, nyeri saat haid.

Ketika Miss V mengalami kondisi keputihan, maka akan terasa tidak nyaman pada organ intim tersebut karena kondisinya yang lembab.

Terkadang wanita semakin bingung ketika warna lendir yang dikeluarkan oleh Miss V cairannya kerap berubah warna tak menentu. Sehingga membuat merasa heran dan muncul pertanyaan apakah hal itu wajar?

Berita positifnya adalah keputihan dianggap hal yang lumrah karena ini merupakan kondisi alami ketika tubuh berusaha untuk menjaga kelembapan serta kebersihan pada orang intim wanita.

Lalu dari mana cairan lendir itu muncul? Cairan lendir tersebut muncul karena di produksi oleh leher rahim bersama kelenjar vagina. Cairan lendir tersebut berfungsi untuk membawa bakteri serta sel yang mati keluar agak organ intim tidak mengalami infeksi atau yang terparah adalah kanker.

Tapi perlu diketahui bahwa setiap warna lendir yang keluar dari Miss V selalu memberikan kode serta memiliki arti untuk kesehatan serta kondisi tubuh. Kenali warna lendir pada saat keputihan dan apa artinya berikut ini

  1. Bening

Pada umumnya warna cairan lendir ketika mengalami keputihan adalah bening atau sedikit agak berwarna putih. Ini sebenarnya kondisinya sangat normal seperti yang sebelumnya disebutkan bahwa sebagai pembawa bakteri serta sel kulit mati keluar terutama ketika teksturnya licin seperti putih telur. Biasanya kalau warna bening juga tanda tanda kehamilan atau gairah seksual yang sedang meningkat.

  1. Coklat

Cairan lendir yang agak merah serta coklat apabila sedang dalam kondisi haid adalah hal yang normal. Tapi jika hal ini dialami setiap bulan diluar kondisi haid segera periksa kedokter karena ada kemungkinan mengalami infeksi pada area kewanitaan.

  1. Coklat Agar Merah

Cairan lendir berwarna pink ini memiliki 2 makna mulai dari tanda-tanda mengalami hamil atau juga bisa tanda awal mengalami menstruasi.

  1. Kuning agak hijau

Kondisi ini masih dianggap normal meski terasa aneh karena warna cairan lendirnya kuning hingga mirip hijau. Ini bisa saja dipengaruhi karena sedang mengkonsumsi obat atau suplemen.

Tapi perlu diperhatikan jika warna yang muncul adalah kuning gelap ini bisa karena sedang terjadi infeksi pada organ intim kewanitaan.

  1. Abu-abu

Warna abu-abu menjadi warna yang tidak diinginkan oleh wanita manapun. Karena warna abu-abu menandakan ada yang tidak normal pada tubuh. Biasanya warna tersebut memberikan tanda adanya bakteri BV (Bakterial Vaginosis) yang paling sering dialami wanita.

Jika dirasa jumlah cairan tidak wajar serta warnanya agak sedikit mengkhawatirkan. Jangan malu untuk segera konsultasi kedokter terdekat.