Cara Mencegah Otot Menyusut Saat Lansia

Cara Mencegah Otot Menyusut Saat Lansia

Memiliki otot serta tulang yang kuat ketika di usia lanjut tentunya menjadi impian setiap orang yang akan pastinya menuju masa tua nantinya. Dengan kondisi tubuh yang sehat tersebut kita selaku orang yang sudah berada di usia  lanjut akan lebih bebas beraktivitas mulai dari bermain dengan cucu hingga beribadah tanpa adanya batasan dan patangan.

Tapi memang tidak bisa di pungkiri bahwa ketika berada di usia lansia otot dan tulang sedikit melewah di bandingkan usia di umur 30 tahunan. Secara fisik memang otot terlihat sedikit menyusut, tapi tenang ada beberapa usaha yang bisa di lakukan untuk mencegah hal tersebut terjadi.

  1. Olahraga

Mungkin kalian kaum bapak-bapak sudah tidak asing lagi dengan Tante Ernie yang di usianya sekarang ia di anggap sebagai pemersatu bangsa. Pasalnya di usianya yang sekarang sudah berkepala ia masih saja terlihat muda. Bagian tubuhnya atas bawah depan belakang masih terlihat kencang. Rahasianya sahat sederhana yang mana ia selalu melakukan olahraga setiap harinya untuk menjaga masa otot.

  1. Asupan nutrisi

Olahraga memang membuat oto tetap dalam kondisi prima tapi hal tersebut tidaklah cukup. Menjaga asupan nurtisi harian menjadi sangat vital untuk  menjaga masa otot tetap dalam kondisi terbaiknya. Pastikan makanan yang di konsumsi setiap harinya mengandungan serat, protein dan karbohidrat.

  1. Susu

Ketika umur sudah mendekati masa lansia tidak ada salahnya anda untuk mengkonsumsi susu untuk orang tua yang sangat bermanfaat untuk memenuhi nutrisi harian. Dengan mengkonsumsi susu tidak hanya menjaga masa otot tetap baik tapi juga membuat tulang tetap padat sehingga resiko terjadinya patah tulang pada lansia akan semakin kecil.

Selain itu mengkonsumsi susu sebaiknya juga di lakukan sejak usia muda sehingga sejak muda otot, tulang dan gigi tetap akan terjaga tetap sehat.

  1. Tidur Cukup

Tidur atau bisa di bilang istirahat memang sesuatu yang sangat penting bagi setiap manusia, apalagi setelah aktivitas harian yang selalu di lakukan. Tidak hanya otot, tubuh manusia manusia idealnya memerlukan istirahat tidur sebanyak 8 jam sehari tapi juga harus memperhatikan jam tidurnya. Jam tidur sebaiknya tidak di lakukan lewat dari jam 10 malam karena ketika tidur lewat jam 10 akan membautmu merasa lebih lapar yang berakibat meningkatkan resiko mengalami obesitas. Ketika tubuh mengalami obesitas maka otot-otot akan melemah dan tubuh rentan akan mengalami gangguan kesehatan.

Walaupun terdengar cukup mudah melakukan ke empat hal di atas bisa di bilang usaha yang lebih dan butuh konsistensi. Sebaiknya sebelum terjadi penyusutan sebaiknya mencegah sejak usia muda agar pada saat lansia anda bebas bermain dengan cucu atau ibadah tanpa merasakan rasa sakit.