Keutamaan Dalam Mengamalkan Doa Khataman Al Qur’an

Keutamaan Dalam Mengamalkan Doa Khataman Al Qur’an

Doa khatam quran sangatlah baik Anda panjaatkan sesudah berhasil menyelesaikan hingga 30 juz isi dalam kitab suci Al Quran. Adapun doa satu ini juga masuk dalam salah satu parenting islami untuk anak-anak muslimin maupun muslimah. Bacaan tersebut dipanjatkan untuk memohon sekaligus  mendapatkan rahmat, syafaat dan keridaan pada hari Kiamat saat telah tiba saatnya di masa mendatang.

Rasulullah sudah menganjurkan kepada sahabatnya yaitu Abdullah bin Amru in Ash dalam sebuah hadis riwayat Tirmidzi untuk mengkhatamkan Al Quran yang di dalamnya terdiri dari sebanyak 30 juz ada baiknya diselesaikan dalam waktu selama 30 hari. Jika mampu mengkhatamkan dalam lima hari seperti Abdullah, maka Nabi Muhammad tidak akan memberikannya izin.

Memanjatkan doa khataman Al Qur’an

Sebenarnya memanjatkan bacaan doa khataman Quran bukanlah sebuah hal yang menjadi patokan. Akan tetapi doa tersebut tetap dianjurkan. Sama seperti menyelesaikannya dalam 30 hari, sesungguhnya jika delbih dari waktu yang dianjurkan itu tetap termasuk sah. Dirangkum dari banyak sumber, berikut ini merupakan doa khataman Quran yang penting untuk dipahami.

Allahummarhamni bilqur’an wajahu li imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu wa nasitu wa ‘allimni minhu ma jahiltu warzuqni tilawatahu aana allaili waj ‘alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Kutamaan dari khatam Quran

  1. Malaikat memohonkan ampunan

Keutamaan dalam mengkhatamkan Quran yaitu para malaikat akan memohonkan ampunan untuk pengkhatam. Setiap kaum muslimin yang selalu menantiasa kitab suci tersebut sampai khatam maka sebanyak 60 ribu malaikat nantinya memohonkan ampun untuknya. Seseorang yang membaca hingga 100 ayat dalam Al Qur’an di dalam satu malam, nantinya dicatat kebaikannya pada malam itu.

  1. Derajatnya diangkat Allah SWT

Rasulullah SAW bersabda dari Umar bin Khatab, sesungguhnya Allh akan mengangkat derajat untuk suatu kakum dengan kitab ini atau Al Qur’an, dengan juga Allah nantinya merendahkan kaum yang lainnya. Rasulullah SAW bersabda dari Utsman bin Affan sebaik-baiknya kalian merupakan orang yang mempelajari Al Quran serta mengajarkannya.

  1. Amalan yang paling Allah cintai

Membaca Al Quran adalah salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT terlebih kalau umatnya itu dapat mengkhatamkannya. Hal itu sedang dijelaskan dalam salah satu hadits.

  1. Diberi syafaat di hari kiamat nanti

Berikutnya seseorang yang bisa mengkhatamkan Al Quran nantinya diberikan syafaat saat hari kiamat sudah tiba. Seseorang yang kerap menyibukan diri untuk membaca ayat suci Al Quran maka niscaya di hari Kiamat nanti akan mendapat syafaat.

Itulah doa mengkhatam quran yang bisa Anda amalkan jika sudah khatam Al Quran selama tiga puluh hari atau lebih sesuai kesanggupan.