Tahapan Naik Tekstur MPASI, Orangtua Wajib Tahu

Tahapan Naik Tekstur MPASI, Orangtua Wajib Tahu

Dalam jangka waktu tertentu, sang Buah Hati pasti akan naik tekstur MPASI. Sebab hal ini berhubungan dengan perkembangan anatomi gigi geligi dan saluran pencernaan.

Terlebih lagi secara bertahap sang buah hati sudah beradaptasi. Mulai dari hanya mengkonsumsi cairan ASI sampai memasuki fase belajar mengunyah makanan padat. Sehingga perlu tahapan yang dapat membantunya mengenali tekstur asli makanan.

Anda dapat membaca uraian di bawah ini tentang berbagai tahapan tekstur MP ASI yang perlu diberikan kepada sang Buah Hati.

Naik Tekstur MPASI

Anda perlu memperhatikan bahwa naik tekstur MPASI sudah distandarisasi sesuai dengan pertumbuhan ideal seorang bayi. Sehingga perlu juga diberikan perhatian tentang kesiapan anak mengkonsumsi makanan padat.

Usia Bayi 6 Bulan

Pada saat bayi memasuki usia 6 bulan, maka sesuai dengan standar ideal orang tua sudah mulai dapat memberikan MPASI dalam bentuk bubur yang cair. Hal ini disebabkan karena pada waktu sebelumnya anak hanya mengkonsumsi cairan ASI saja.

Sehingga pada fase ini sangat penting karena merupakan waktu pertama kali sang bayi beradaptasi dengan makanan padat. Sehingga konsistensi serta teksturnya harus diperhatikan dengan benar.

Usahakanlah membuat bubur bayi yang cenderung cair untuk mencegah anak tersedak. Sebab fungsi rahang serta lidahnya masih dalam tahapan perkembangan.

Usia Bayi 7-8 Bulan

Pada usia 7 sampai 8 bulan orang tua dapat memberikan makanan yang sedikit lebih padat. Misalkan dengan memanfaatkan bubur bayi lunak yang sudah disaring. Sehingga teksturnya menjadi lembut dan mudah untuk dikunyah.

Umur Bayi 9 – 10 Bulan

Menginjak usia ini orang tua dapat kembali menaikkan tekstur MP ASI nya. Caranya adalah dengan membuat bubur dengan tekstur yang lebih kasar. Gunakanlah cacahan sayuran atau bahan tambahan untuk memperkaya rasanya.

Umumnya sang buah hati akan menolak pemberian pertama. Bisa jadi karena indra perasa nya beradaptasi kembali dengan tekstur yang lebih kasar. Bersabarlah dengan  memberikan porsi sajian yang lebih sedikit.

Umur Bayi 11-12 Bulan

Pada fase ini orang tua dapat memberikan makanan yang lebih terasa teksturnya. Antara lain adalah bubur tim atau nasi lunak.Antara lain adalah bubur tim atau nasi lunak. Tambahkan cacahan sayur yang lebih kasar dengan potongan daging yang cukup mudah untuk dikunyah oleh bayi.

Jika Anak masih menolak pada suapan pertama tetaplah bersabar, karena bisa jadi masih beradaptasi dengan tekstur yang baru.

Anda dapat memberikan kuah kaldu untuk rasa yang lebih nikmat. Jangan tambahkan perasa yang tajam rasanya karena dapat menyebabkan bayi kehilangan selera makan. Cukup manfaatkan saja rasa natural dari bahan bahan pembuatnya.

Untuk membantu bayi beradaptasi dengan baik maka orang tua wajib memperhatikan fase naik tekstur MPASI. Sehingga anak dapat memahami bagaimana cara memproses nya  agar bisa ditelan